Selasa, 11 November 2014

Latihan Soal SPLTV

1. Suatu perusahaan rumahan meminjam Rp 2.250.000.000,00 dari tiga bank yang berbeda untuk memperluas jangkauan bisnisnya. Suku bunga dari ketiga bank tersebut adalah 5%, 6%, dan 7 %. Tentukan berapa pinjaman perusahaan tersebut terhadap masing-masing bank jika bunga tahunan yang harus dibayar perusahaan tersebut adalah Rp 130.000.000,00 dan banyaknya uang yang dipinjam dengan bunga 5% sama dengan dua kali uang yang dipinjam dengan bunga 7%?

2. Carilah himpunan penyelesaian dari persamaan berikut!
x
+
y
z
=
1
8x
+
3y
6z
=
1
−4x
y
+
3z
=
1
3. Carilah himpunan penyelesaian dari persamaan berikut!
http://yos3prens.files.wordpress.com/2013/10/spltv-ii.png?w=640
4. Carilah himpunan penyelesaian dari persamaan berikut!
 http://yos3prens.files.wordpress.com/2013/11/soal-contoh-3.png?w=640
5. Ali, Boneng, dan Carli berbelanja di sebuah toko buku. Ali membeli dua buah buku tulis, sebuah pensil, dan sebuah penghapus. Ali harus membayar Rp4.700,00. Boneng memblei sebuah buku tulis, dua buah pensil dan sebuah penghapus. Boneng harus membayar Rp4.300,00. Carli membeli tiga buah buku tulis, dua buah pensil, dan sebuah penghapus. Carli harus membayar Rp7.100,00. Berapa harga untuk sebuah buku tulis, harga untuk sebuah pensil, dan harga untuk sebuah penghapus?

6.   Tiga orang  A, B, dan C pinjam meminjam kelereng. Pada awalnya ketiga orang tersebut telah memiliki sejumlah kelereng tertentu dan selama pinjam meminjam mereka tidak melakukan penambahan kelereng selain melalui pinjam meminjam diantara ketiga orang tersebut. Pada suatu hari A meminjami sejumlah kelereng kepada B dan C sehingga jumlah kelereng B dan C masing-masing menjadi dua kali lipat jumlah kelereng sebelumya. Hari berikutnya B meminjami sejumlah kelereng kepada A dan C sehingga jumlah kelereng A dan C masing-masing menjadi dua kali lipat jumlah kelereng sebelumya. Hari terakhir C meminjami sejumlah kelereng kepada A dan B sehingga jumlah kelereng A dan B masing-masing menjadi dua kali lipat jumlah kelereng sebelumya. Setelah dihitung akhirnya masing-masing memiliki 16 kelereng. Banyaknya kelereng A mula-mula  adalah ….
7. Ani mempunyai uang Rp16.500,00. Sejumlah uang itu akan dihabiskan untuk membeli 6 bukah peralatan sekolah. Ia membeli beberapa pensil dengan harga Rp2.000,00 per pensil. Ia membeli beberapa buku dengan harga Rp2.500,00 per buku, dan ia juga membeli beberapa kotak pensil dengan harga Rp4.000,00 per kota pensil.
Banyak buku yang dibeli Ani adalah….










8. Sebuah pabrik pakaian akan memproduksi 3 jenis pakaian. Jenis 1 yaitu kemeja batik,jenis 2 kemeja seragam, jenis 3 kemeja kasual. Jenis 1 membutuhkan waktu 1 jam di mesin pemotong,2 jam di mesin penjahit dan 30 menit di mesin pengemas untuk mengerjakan 1 stel kemeja. Jenis 2 membutuhkan 30 menit di mesin pemotong,2 jam di mesin penjahit, dan 1 jam di mesin pengemas. Jenis 3 membutuhkan 2 jam di mesin pemotong,1 jam di mesin penjahit,dan 90 menit di mesin pengemas. Jika mesin pemotong tersedia selama 210 jam, mesin  penjahit 240 jam, dan mesin pengemas tersedia selama 195 jam, berapakah banyak baju yang dapat diproduksi untuk setiap jenis?

9. Trisna,ayah, dan kakek memanen tomat bersama-sama membutuhkan waktu 4jam. Jika ayah dan kakek memanen tomat akan selesai dalam waktu 6 jam. Jika Trisna dan ayah yang memanen akan selesai dalam waktu 8 jam. Berapa lamakah waktu yang dibutuhkan kakek jika ia memanen sendirian?

10. Tiga orang tukang cat, yaitu Joni, Deni, dan Ari bekerja bersama-sama dapat mengecat dalam waktu 10 jam. Pengalaman Deni dan Ari pernah bersama-sama mengecat dalam waktu 15 jam. Suatu hari ketiga tukang cat tersebut bekerja mengecat rumah selama 4 jam, setelah itu Ari pergi. Joni dan Deni memerlukan tambahan waktu 8 jam lagi untuk menyelesaikannya. Tentukan waktu yang dibutuhkan masing-masing tukang cat jika bekerja sendirian.

11. Sebuah bilangan terdiri dari 3 angka. Jumlah ketiga angka tersebut adalah 13. Jumlah angka pertama dan angka kedua sama dengan angka yang ketiga dikurang 5. Nilai bilangan itu sama dengan 17 kali jumlah ketiga angkanya kemudian ditambah dengan 8. Carilah bilangan itu!
 


































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar